Senin, 03 Oktober 2011

Fotosintesis

Standar kompetensi 3.2. mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energy pada tumbuhan hijau.
FOTOSINTESIS
Diantara makhluk hidup, hanya tumbuhan hijau yang dapat membentuk makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Karena dapat membentuk makanan sendiri, tumbuhan disebut organism autotrof. Sebaliknya organism yang tidak dapat membentuk makanana sendiri disebut heterotrof.
A. Pengertian
Adalah proses pembentukan karbohidrat dari karbondioksida dan air dengan bantuan sinar matahari.
Energi yang diserap tumbuhan dalam proses fotosintesis diubah menjadi energy kimia yang disimpan dalam karbohidrat. Oleh tumbuhan, karbohidrat diubah menjadi protein, lemak, dan vitamin. Senyawa ini dimanfaatkan tumbuhan sendiri, hewan, dan manusia sebagai makanan. Makanan akan diubah menjadi energy melalui respirasi untuk metabolism, pertumbuhan, berkembangbiak, dan bergerak.
cahaya matahari
6CO2 + 6H2O C6H12O6 + 6O2
karbondioksida air klorofil glukosa oksigen

B. Syarat Terjadinya Fotosintesis
1. Karbondioksida
Diambil dari udara melalui mulut daun/stomata.
2. Air
Diambil dari dala tanah oleh akar dan diangkut pembuluh xylem ke daun
3. Klorofil
Bersifat fluoresen = dapat menyerap cahaya matahari dan mengembalikannya dalam gelombang yang berlainan. Pembentukan klorofil membutuhkan magnesium yang diserap dari dalam tanah. Bagian daun yang mengandung klorofil adalah palisade parenkim/jaringan tiang/jaringan pagar. Selain itu fotosintesis juga dapat berlangsung di bagian batang.
4. Cahaya matahari
Diperlukan untuk menguraikan air. Energi cahaya matahari yang diserap tumbuhan tergantung pada intensitas sumber cahaya, panjang gelombang, dan lama penyinaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar